Pengolahan Bahan Pustaka Perpustakaan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak

  • 16 April 2012
Pengolahan Bahan Pustaka Perpustakaan Balai Besar Wilayah Sungai serayu Opak

Untuk kesekian kalinya perpustakaan Kementerian Pekerjaan Umum dipercaya untuk mengolah bahan pustaka yang ada di balai-balai di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum. Pada hari selasa sampai hari Jumat tepatnya tanggal 11 sampai 14 Oktober 2011, perpustakaan Kementerian PU kembali dipercaya untuk mengolah bahan pustaka perpustakaan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak di Yogyakarta.

Adapun jumlah koleksi yang perlu diolah kurang lebih berjumlah 500 eksemplar yang terdiri dari berbagai subjek yaitu bidang bendungan, sabo, air baku, sungai, pantai, irigasi, hidrologi, peraturan-peraturan, berbagai SNI bidang SDA dan lain-lain. Dilihat dari bentuknya koleksi yang ada di perpustakaan BBWS Serayu Opak terdiri dari koleksi berbentuk laporan, text book, makalah/ seminar dan prosiding, dan juga koleksi referensi.

Tahapan dalam pengolahan bahan pustaka tersebut adalah sebagai berikut : pertama pemilahan/ pengelompokan buku berdasarkan subjek, kedua pengklasifikasian atau penomoran buku berdasarkan subjek, ketiga entri buku ke dalam Sim Pustaka, dan tahap terakhir penataan buku di rak berdasarkan urutan nomor klasifikasinya.

Dalam jangka waktu yang cukup sedikit itu, dan dengan jumlah koleksi yang cukup banyak, kita harus memerlukan kerja yang ekstra keras untuk dapat segera menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dengan kerja keras dan teamwork yang solid, akhirnya pekerjaaan pengolahan bahan pustaka tersebut dapat terselesaikan dengan baik.

  • 16 April 2012

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita