Pembinaan Sekaa Teruna Kabupaten Bangli

  • 21 Oktober 2016
Pembinaan Sekaa Teruna Kabupaten Bangli

Untuk melestarikan adat dan budaya Bali ditengah gerusan budaya global, Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melakukan pembinaan Sekaa Teruna Kabupaten Bangli pada hari Rabu, 19 Oktober 2016, bertempat di bidang Sejarah, Tradisi dan Kepurbakalaan.

Sekaa teruna merupakan generasi penerus yang harus dibentengi dengan pengetahuan, sehingga tiba saatnya nanti mereka duduk menggantikan sebagai bagian dari masyarakat desa pakraman, mereka memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup untuk bisa mempertahankan tradisi, adat dan budaya yang sudah diwariskan secara turun temurun dari gerusan budaya global. Dengan kegiatan ini terjadinnya peningkatan kesadaran dari masyarakat akan pentingnya menjaga tradisi tradisi dan budaya Bali melalui konsep gali, lestari dan kembang. Dimana generasi penerus harus bisa menggali nilai budaya yang hampir dilupakan untuk kemudian dilestarikan dan dikembangkan.

Pembinaan dilaksanakan pada masing – masing bidang yang terdiri dari Organisasi, Administrasi, Yasa Kerthi Dharmaning Agama, Yasa Kerthi Dharmaning Negara yang dilaksanakan oleh Tim Pembina Kabupaten Bangli.

1.      Bidang Organisasi :

Pembinaan tentang sikap mental Sekaa Teruna, tata cara berbusana, tentang nama Sekaa Teruna, tentang kepemilikan awig-awig, Pararem, Ekalikita Sekaa Teruna dan program kerja.

2.      Bidang Administrasi :

Pembinaan tentang kelengkapan administrasi Sekaa Teruna yang disesuaikan dengan Program kerja yang tertuang dalm kalender kerja serta pencatatan di masing-masing Pasayahan.

3.      Bidang Yasa Kerti Darmaning Negara :

Pembinaan tentang kegiatan Sekaa Teruna baik dibidang pendidikan, seni budaya  maupun ekonomi produktif serta keikut sertaan Sekaa Teruna dalam mensukseskan program pemerintah dalan bidang Pendidikan, Kesehatan, Sosial Budaya serta Ekonomi Produktif.

4.      Bidang Yasa Kerti Darmaning Agama :

Pembinaan tentang kegiatan Sekaa Teruna dalam bidang keagamaan baik hari-hari besar keagamaan maupun kegiatan keagamaan lainnya dan  keterlibatan Sekaa Teruna dalam pelaksanaan upacara keagamaan di Desa Pakranan seta dalam pelestarian Adat dan Budaya Bali

  • 21 Oktober 2016

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita